9 Manfaat Buah Pisang yang Harus Anda Ketahui

9 Manfaat Buah Pisang yang Harus Anda Ketahui

Diposting oleh Unknown on Selasa, 25 Juni 2013

Pisang adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Buah yang dihasilkan oleh pohon yang memiliki batang berwarna hijau dan berair ini memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan. Pohon pisang juga tergolong sangat mudah dibudidayakan, bahkan tak jarang kita melihat pohon psang tumbuh secara liar di pinggir-pinggir jalan atau di pekarangan rumah.

buah pisang

Buah pisang merupanan buah tropis yang banyak tumbuh di dataran rendah, termasuk di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan negara penghasil pisang terbesar keempat di dunia. Selain Indonesia, buah pisang juga banyak tumbuh di daerah tropis lain seperti Afrika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Pasifik.

Kandungan Gizi Buah Pisang

Pisang termasuk dalam genus musa, ada banyak sekali varietas pisang yang termasuk dalam genus ini, seperti pisang ambon, pisang mas, pisang raja, pisang kapok, pisang lilin, dll. Adapun kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam 100 gram buah pisang antara lain:

NutrisiKandungan
Kalori99 kal
Protein1,2 g
Karbohidrat25,8 mg
Lemak0,2 g
Kalsium8 mg
Serat0,7 g
Besi2 mg
Fosfor28 mg
Betakaroten45 mg
Vitamin B0,5 mg
Vitamin C3 mg
Air72 g
Kalium350 mg

Manfaat Buah Pisang


Dilihat dari kandungan gizinya yang beragam dan melimpah tersebut, tak heran jika buah pisang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatkan Konsentrasi
    Buah pisang sudah sejak lama dikenal mempunyai khasiat untuk meningkatkan konsentrasi, terutama bagi anak-anak dan remaja. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium dan vitamin B yang tinggi dalam buah ini mampu meningkatkan kemampuan koordinasi antarsaraf serta dapat mengalirkan lebih banyak oksigen ke otak. Buah pisang sendiri paling tepat dikonsumsi saat sebelum tidur.

  2. Sumber Energi
    Pisang merupakan buah yang mengandung cukup banyak energi, terutama karena kandungan karbohidrat, kalori, dan seratnya. Jumlah Kalori yang dihasilkan oleh seratus gram pisang hampir sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan oleh 200 gram daging.

  3. Menyembuhkan Maag
    Mengkonsumsi cukup pisang dapat meminimalisir resiko terkena iritasi lambung. Hal tersebut dikarenakan buah ini mengandung senyawa latek yang berfungsi untuk melapisi lambung dan melindunginya dari asam-asam korosif penyebab iritasi lambung termasuk maag.

  4. Meningkatkan Mood
    Kandungan zat potasium dalam dalam buah ini berfungsi untuk menstabilkan detak jantung serta meningkatkan suplai oksigen ke otak sehingga mood dapat ditingkatkan dan stres pun dapat dihindarkan.

  5. Mencegah Stroke dan Hipertensi
    Pisang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah menjadi stabil serta resiko terkena stroke pun dapat diminimalisir.

  6. Kesehatan Tulang dan Gigi
    Kalsium merupakan mineral yang kandungannya cukup tinggi dalam buah pisang. Kalsium sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jika kebutuhan kalsium terpenuhi, maka beberapa gangguan kesehatan seperti osteoporosis, osteomalasia (pelunakan tulang bayi), serta kerusakan gigi dapat dihindarkan.

  7. Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
    Saat hamil, wanita membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi daripada biasanya. Pisang adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk ibu hamil. Buah pisang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi pada ibu hamil, mempengaruhi perkembangan kecerdasan bayi, mencegah bayi lahir cacat, serta dapat mengatur kadar gula darah.

  8. Mencegah Kurang Darah
    Buah pisang mengandung cukup zat besi yang dapat memenuhi suplai pembentukan sel darah merah pada tubuh. Penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi paling tidak dua buah pisang setiap hari.

  9. Cocok Untuk Diet
    Pisang merupakan buah padat nutrisi dan bisa dibilang memiliki kandungan gizi yang lengkap. Diet pisang merupakan salah satu metode diet yang cukup dianjurkan. Caranya adalah, anda cukup mengkonsumsi 3-4 buah pisang saat sarapan, lalu silahkan makan seperti normal saat makan siang dan malam. Buah ini sangat cocok untuk diet karena mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok cukup energi bagi tubuh serta memberikan efek kenyang lebih lama.
9 Manfaat Buah Pisang yang Harus Anda Ketahui
Ditulis oleh Anisa Rahma
Judul: 9 Manfaat Buah Pisang yang Harus Anda Ketahui 9 Manfaat Buah Pisang yang Harus Anda Ketahui. Pisang adalah salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Indonesia. Published: 07.29 Rating: 5.0 Base On 95458965 reviews

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter